Wednesday 23 September 2015

Membuat anak kreatif dengan permainan sederhana

   



   Bermain. Ya itulah salah satu hal yang paling anak-anak suka lakukan. Orang tua di masa kini sudah tahu apa manfaat bermain bagi tumbuh kembang anak-anak mereka. Namun, kita sebagai orang tua yang bekerja tentu saja tidak mudah membagi waktu untuk melakukan kegiatan bersama anak, seperti halnya bermain. Berbeda dengan dulu, di masa kini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat dengan mudah nya mendapatkan teknologi. Contohnya gadget. Anak-anak pun sudah tidak asing dan mulai mahir memainkannya. Bermain gadget bagi anak-anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif serta IQ mereka. Tapi masalahnya, bermain gadget tidak membuat anak menjadi aktif, karena bermain gadget termasuk bermain pasif. Selain itu, anak-anak juga perlu bermain aktif yang bersifat fisik yang dapat memicu perkembangan motorik-motorik nya. 

   Orang tua mana kah yang tidak mendambakan anaknya menjadi anak yang kreatif? Anak yang kreatif bisa menjadi modal utama saat masuk dunia pendidikan nanti. Kreatif itu tidak muncul karena bawaan lahir atau datang dengan sendirinya. Sebagai orang tua kita wajib mengasah kreativitas anak sejak dini. Kabar baiknya, kreativitas anak-anak bisa diasah melalui permainan. Walaupun menurut anak judulnya bermain, namun permainan yang dipilih tidak boleh sembarangan. Kita harus bijak menjelaskan kepada anak dan juga memilihkan permainan yang baik, yang dapat memicu minat, dan kreativitas anak. Oleh karena itu, PicuPacu ingin berbagi tips macam-macam permainan sederhana yang bagus untuk mengasah kemampuan motorik dan kreativitas anak. Berikut macam-macam permainan tersebut : 

1. Membuat Karya

   Membuat karya termasuk kegiatan bermain sambil belajar. Karena selain menyenangkan bisa sambil belajar juga. Hal seperti ini mendukung unsur kreativitas seperti menciptakan, berkreasi, dan bereksplorasi. Karena saat berkarya, anak-anak terlibat dalam proses menggambar, menggunting, menempel, dll. Koordinasi mata dan tangan yang dapat melatih kemampuan motorik halus dan kognitif pada anak. 


2. Bermain musik 

  Tahukah ayah dan bunda, musik itu salah satu pemicu kecerdasan anak loh. Kita bisa membelikan alat musik yang asli atau jenis mainan seperti gitar, keyboard, dll. Anak-anak pasti senang memainkannya. Bermain musik dapat memicu perkembangan syaraf-syaraf motorik pada anak. 


3. Bermain cat 

   Nah untuk permainan yang satu ini termasuk kegiatan seni yang dapat membantu anak-anak mengenal jenis-jenis warna. Sebelum itu, tentunya cat yang digunakan harus aman bagi anak-anak, seperti cat air, dll. Dan juga dampingi serta beri instruksi saat berkegiatan agar bahan cat tidak tertelan. Jika kotor mengenai pakaian atau tubuh, segera dibersihkan, namun ada juga anak yang senang terkena cat karena seru. Berani kotor itu baik loh ... 

4. Jalan di atas kaleng

  Permainan ini salah satu permainan yang digemari ananda PicuPacu. Anak akan berjalan di atas beberapa kaleng yang sudah ditata lurus dan berjarak. Dapat melatih keseimbangan , keberanian dan motorik kasar pada anak. Bisa juga divariasikan sambil membawa barang diatas kepala atau bisa juga sambil memainkan musik. Para ayah dan bunda bisa temukan variasi unik lainnya. 
Ada juga permainan lain seperti melompat di trampolin, bermain sepeda dan banyak lagi.


Semoga bermanfaat bagi para ayah dan bunda dan pembaca semua. Salam kreatif! (Hanhan Muhammad/PicuPacu Kreativitas)




   

0 comments: